KI HAJAR DEWANTARA

June 10, 2008

TOKOH PENDIDIKAN

 

Banyak gagasan yang telah diperkenalkan oleh Suwardi Suryaningrat ketika ia dipenjara di Belanda. Sebagian besar gagasannya didasari oleh dua hal dasar. Pertama, Pendidikan di Indonesia harus benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia sendiri. Kedua, Pendidikan di Indonesia harus mengembangkan semangat persatuan di antara masyarakat Indonesia.

Sekembalinya dari Belanda, Suwardi Suryaningrat membentuk ”Adhidarma School”, sebuah sekolah swasta yang dibangun pada 1915. Ia mengubah namanya menjadi Ki Hajar Dewantara. Ia menerapkan seluruh pengetahuannya ketika di Belanda pada sekolah ini. Metode yang ia terapkan berdasarkan pada teori Montessori dan Tagore, melalui beberapa modifikasi/pengembangan. Konsep yang ia adopsi dari Teori Montessori  adalah Selalu menciptakan sikap kebebasan dan menghargai karakter setiap indidual.”

Pada tahun 1922, Ki Hajar Dewantara membentuk Lembaga Pendidikan ”Taman Siswa”. Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, Ki Hajar Dewantara diangkat sebagai  Menteri Pendidikan Pertama di Indonesia, tetapi ia tidak begitu menyukainya. Jadi Ia tidak lama memegang jabatan tersebut. Ia lebih senang mengajar di sekolah. Kebanyakan keseluruhan hidupnya ia kembangkan pada Taman Siswa. Ia meninggal dunia pada 1959, tetapi idenya dan Taman Siswanya tidak akan pernah tiada.kistono dalam mengenang ki hajar dewantara, 7 Juni 2008

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: